Jawaban Unsur mencapai tujuaan administrasi menurut liang gie

3 min read

Jika kamu sedang mencari fatwa atas pertanyaan: Unsur mencapai tujuaan administrasi menurut liang gie, maka sodara berada di bidang yang tepat. Disini ada beberapa jawaban tentang hal pertanyaan tersebut. Silakan dikte lebih lanjut.

Pertanyaan

Unsur mencapai tujuaan administrasi menurut liang gie

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Unsur mencapai tujuaan administrasi menurut liang gie

Jawaban beserta penjelasannya :

Menurut The Liang Gie

mengatakan “Administrasi secara luas adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu.

Unsur-Unsur Administrasi

Menurut The Liang Gie, di dalam kegiatan administrasi dari sekelompok orang dalam rangka mencapai tujuan bersama itu terdapat beberapa unsur, yaitu :

1. Organisasi

Didalam organisasi ini terdapat aktivitasi penataan dan penyusunan kerangka yang menjadi tempat kegiatan kerja sama dengan mengelompokkan pekerjaan yang harus dilakukan, membangi tugas yang harus dilaksanakan serta menetapkan tugas dan tanggung jawab.

Berikut beberapa kegiatan didalam pengorganisasian :

- Menyusun kerangka usaha kerja sama.

- Mengkategorikan kegiatan yang harus dilakukan dalam kesatuan kerja.

- Menetapkan tugas dan pekerjaan orang-orang yang tergabung dalam kerja sama tersebut.

- Membagikan kewenangan pada para pelaksana.

- Menentukan hubungan kerja serta seluruh perintah dan tanggung jawab.

2. Manajemen

Unsur administrasi yang kedua adalah manajemen sebagai proses dari rangkaian penataan berupa penggerakan orang dan pengerahan fasilatas kerja agar tujuan dapat tercapai.

Adapun manajemen di dalam administrasi terdapat 6 (enam) fungsi, yaitu :

a. Perencanaan

=> Perencanaan ini adalah kegiatan dalam menentukan hal yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan dan strategi-strategi untuk mencapainya.

b. Pembuatan Keputusan

=> Pembuatan keputusan ini adalah aktivitas untuk memilih diantara kemungkinan untuk menyelesaikan atau mengatisipasi permasalahan dan keraguan yang mungkin timbul saat proses untuk mencapai tujuan.

c. Pengarahan

=> Pengarahan merupakan aktivitas untuk mengarahkan anggota dengan cara memberikan perintah, petunjuk, teguran, mendorong semangan serta usaha yang sejenis untuk mengikuti aturan yang sudah ditetapkan.

d. Koordinasi

=> Koordinasi dilakukan dalam rangka menghubungkan orang-orang atau tugas yang ada di dalam organisasi sehingga dapat tercipta kesatuan dan keselarasan dalam mencapai tujuan.

e. Pengontrolan

=> Dengan melakukan pengontrolan maka dalam pelaksanaan kerja dan hasil kerja dapat sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya.

f. Penyempurnaan

Kegiatan penyempurnaan ini dilakukan agar pelaksanaan pekerjaan dapat tercapai dengan cara efisien karena dilakukan perbaikan-perbaikan agar tujuan dapat tercapai.

3. Komunikasi

Unsur administrasi yang ketiga adalah komunikasi dimana komunikasi ini adalah sebagai proses kegiatan penataan berupa penyampaian berita dari satu orang ke orang lain dalam satu organisasi dalam rangka mencapai tujuan.

4. Informasi

Unsur administrasi yang ke empat adalah informasi dimana informasi ini dilakukan dengan cara menghimpun, mencatat, mengolah, menggandakan, mengirim, menyimpan, memelihara, menyusutkan dan memusnahkan informasi.

5. Personalia

Personalia adalah sebuah proses kegiatan penataan berupa pencarian, pengujian, penerimaan, pengangkatan, penempatan, kepangkatan, pengembangan, pemutasian dan pemberhentian tenaga kerja dalam rangka mencapai tujuan.

6. Keuangan

Unsur administrasi selanjutnya adalah keuangan dimana keuangan ini merupakan proses kegiatan berupa penyusunan anggaran belanja, penentuan biaya, pembukuan dan pertanggung jawaban atasn biaya didalam kerja untuk mencapai tujuan.

7. Pembekalan

Di dalam unsur administrasi terdapat unsur pembekalan dimana aktivitas penataan ini dapat berupa pengadaan, pengaturan, pencatatan, pemakaian, pemeliharaan, dan pemusnahan benda.

8. Hubungan Masyarakat

Unsur administrasi yang terakhir adalah terkait dengan hubungan masyarakat atau relasi publik.

Kegiatan penataan ini dapat berupa proses pengenalan aktivitas organisasi kepada lingkungan dan menangkap hasrat serta suasana lingkungan kerja.

#Semoga dapat membantu ^ ^

Detail Jawaban :

Mapel : IPS - Ekonomi - Administrasi.

Kelas : XI

Materi : Administrasi menurut The Liang Gie.

Kode Kategorisasi : 5.55.h

❌#NoCopyPaste!

❌#NoNgasal!

#Stop Copy Paste Web Site!

Sekian tanya-jawab mengenai Unsur mencapai tujuaan administrasi menurut liang gie, semoga dengan ini bisa kondusif menyelesaikan masalah kamu.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar